“Menulislah ... Dengan menulis kita bisa kaya hati, kaya wawasan, dan berlimpah cinta. Biarlah kuakarkan rinduku padamu melalui senandung goresan tinta.” ― Vitriya Mardiyati-
Diberdayakan oleh Blogger.

Our Facebook Page

Hutan Gergunung, Hutan Cantiknya Klaten

50 Soal Latihan UTN Bahasa Indonesia Seluruh Indonesia



50 Soal Latihan UTN Bahasa Indonesia Seluruh Indonesia
1. Yang merupakan jenis drama adalah tragedi, masalah, komedi (jawaban seperti di modul).
2. Bapak presiden berpidato menggunakan bahasa Indonesia di hadapan pemimpin dari daerah/ suku yang berbeda. Kedudukan bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa nasional (pemersatu berbagai suku)
3. Fonem yang diucapkan pertama kali oleh anak kecil adalah vocal a.
4. Fonem yang diucapkan pertama kali oleh anak kecil adalah konsonan b.
5. Ujian semester atau kenaikan kelas digunakan untuk mengukur keberhasilan belajar satuan pendidikan peserta didik.
6. Yang merupakan jenis puisi lama adalah pantun, syair, gurindam.
7. Budi membeli baju di pasar. Fungsi kata Budi adalah sebagai agentif (pelaku).
8. Pemenggalan kata mempertanggungjawabkan adalah mem+per+tanggungjawab+kan.
9. Larik yang tepat untuk pantun adalah
Beli cempedak campur acar
Naik becak menuju semanggi
Jadi anak harus rajin belajar
Agar kelak tidak merugi
10. Ciri gurindam adalah bersajak aa, terdiri dari 2 baris, baris 1 berisi pertanyaan, baris 2 adalah jawaban.
11. Dalam tataran sintaksis yang merupakan satuan terkecil adalah kata.
(kata-frase-klausa-kalimat)
12. Pernyataan yang tidak tepat berkaitan kelas kata menurut aliran fungsional adalah frasa merupakan sekelompok kata bersubjek yang tidak ada predikatnya.
13. Contoh materi pembelajaran sintaksis yang struktur kalimatnya benar adalah pada menit kelima puluh, pemain sepak bola berhasil mencetak gol.
14. Fonem yang paling awal dikuasai anak adalah i, a, u (fonem c yang paling susah dikuasai)
15. Dalam aliran linguistik fungsional, contoh materi pembelajarn morfologi bahasa Indonesia yang paling tepat adalah me- dan pe-, contoh me+tulis dan pe+tulis.
16. Salah satu contoh konflik dalam drama adalah warga merasa berat menyerahkan maling yang terbunuh karena ternyata maling tersebut adik lurah.
17. Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ke tepian
....
....
Bentuk soal tersbeut sesuai dengan indikator mampu melengkapi pantun sesuai dengan syarat pantun.
18. Pemerolehan fonologi anak usia 0-6 minggu adalah huruf vokal.
19. Pernyataan yang paling tepat mengenai pemerolehan bahasa anak dalam konteks semantik, yaitu ketika sebuah kalimat ditujukan pada anak usia 1 tahun, dia sudah mampu memahami dan meresponnya dengan baik meskipun respon itu sekedar tindakan.
20. Dalam membelajarkan bahasa Indonesia berbasik teks K13, guru memfokuskan pada tiga figur utama teks, yaitu konteks, struktur teks, kaidah teks.
21. Ibu membelikan adik sepatu.
Pernyataan yang sesuai dengan kata membelikan adalah bentuk dasar membelikan yaitu belikan.
22. Rumusan tujuan pembelajaran yang sesuai KD berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika wawancara yaitu setelah berlatih wawancara berpasangan dengan temannya, peserta didik dapat melaksanakan wawancara dengan narasumber sesuai dengan etika berwawancara.
23. Contoh kalimat yang paling santun sesuai dengan tata cara berdiskusi dalam menolak pendapat seorang penyaji adalah maaf, saudara Anne, saya kurang setuju dengan pendapat saudara.
24. Pendeskripsian watak seorang pencemburu dapat melalui secara langsung, perilaku tokoh dan pikiran tokoh dalam dialog.
25. Penulisan kata yang kurang tepat adalah konsumsi premium saat ini adalah 91, 5 ribu kilo liter per hari.
26. Saya tidak akan datang mesti dijemput bidadari. Kalimat yang menggunakan konjungtor untuk fungsi yang sama dengan konjungtor biarpun adalah sekalipun kamu menangis darah, saya tidak akan bergeming.
27. Karena bahasa Indonesia, berbagai suku bangsa itu mencapai keserasian hidup sebagai bangsa yang bersatu dengan tidak perlu meninggalkan identitas kesukuan dan kesetiaan pada nilai-nilai sosial budaya serta latar belakang bahasa daerah yang bersangkutan. Pernyataan tersebut merupakan fungsi bahasa Indonesia sebagai alat penyatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang sosial budaya dan bahasa yang berbeda.
28. Contoh kalimat yang mengaplikasikan kaidah sintaksis dengan benar adalah Ia tidak mengambil buku itu, melainkan memindahkannya ke lemari.
29. Contoh kaidah semantik yang benar adalah buku itu bermanfaat bagi saya. Buku itu dibeli ibu untuk saya.
30. Drama ini mungkin tentang kesedihan/ akhir yang menyenangkan. Meskipun berakhir menyedihkan seperti tumpukan mayat atau teriakan orang gila. Jenis drama tersebut adalah melodrama.
31. Ada beberapa siswa yang mendapat nilai Bahasa Indonesia 70, 60, 75, 65. KKM yang sesuai adalah 70.
32. Yang termasuk jenis prosa adalah cerpen, novel, drama.
33. Percakapan antara guru dan siswa menggunakan ragam bahasa akrab.
34. Perbedaan pemerolehan dan pembelajaran bahasa adalah pemerolehan bahasa diperoleh dari bahasa ibunya, sedangkan permbelajaran bahasa diperoleh dari orang lain sebagai bahasa kedua atau lebih.
35. Siswa dengan gaya belajar visual cenderung pasif untuk bertanya dan berinteraksi di depan kelas. Ada strategi guru menghadapi siswa yang cenderung belajar visual yaitu mendorong siswa visual untuk menggambarkan informasi denga peta, grafik/ bagan.
36. Untuk pembelajaran menulis pantun, guru dapat menggunakan pengalaman belajar siswa berupa siswa menceritakan pengalamannya melihat acara berbalas pantun dalam upacara pernikahan Betawi.
37. Pernyataan yang tepat mengenai morfologi adalah berdasarkan bentuknya morfem terbagi dua yaitu morfem dasar bebas dan morfem dasar terikat.
38. Pernyataan yang tidak tepat tentang fonologi aliran deskriptif adalah kata berpakaian merupakan fonem yang berurutan ber/ an yakni yang satu terdapat sesudah yang lain.
39. Seorang guru bahasa Indonesia dituntut harus memiliki kompetensi menyusun perangkat pembelajaran. Selain RPP, guru harus mampu menyusun bahan ajar, LKS, media pembelajaran dan instrumen penelitian.
40. Deskripsi nilai belajar siswa dalam rapor siswa yang meliputi aspek keterampilan pada salah satu teks bahasa Indonesia adalah siswa sudah mahir menulis teks cerpen sesuai dengan struktur teks dan kaidah teks yang diberikan.
41. Salah satu penyebab paragraf kurang sempurna adalah kalimat penjelas tidak lengkap.
42. Dalam rancangan pembelajaran, komponen yang termuat adalah KI-KD-Indikator- tujuan pembelajaran-materi ajar-teknik-kegiatan inti-sumber belajar-evaluasi.
43. Contoh pemerolehan bahasa anak dalam konteks pragmatik adalah bila orang tua menyapanya atau anak-anak menyapa terlebih dulu, itulah tanda bahwa percakapan akan dimulai. Pada tahap giliran akan terjadi memberikan respon dan pada bagian penutup.
44. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, guru menggunakan model pembelajaran discovery learning. Materi dan langkah-langkah yang sesuai untuk model pembelajaran tersebut adalah materi teks prosedur dengan cara mendemonstrasikan percobaan tentang perubahan warna merah pada daun bayam setelah dicelupkan dalam segelas air berwarna merah.
45. Dalam aliran linguistik deskriptif, terdapat adanya kategori verbal yaitu kategori yang dalam bahasa-bahasa eropa bersifat arbitrer.
46. Pernyataan berikut yang paling tepat mengenai pemerolehan bahasa anak dalam konteks semantik adalah kemampuan memahami maksud kalimat pada anak usia 2 tahun belum terlihat sangat jelas.
47. Pernyataan yang paling tepat mengenai pemerolehan bahasa anak dalam konteks sintaksis adalah anak usia 2 tahun cenderung lebih mampu menyususn kata-kata daripada menggunakan kalimat berimbuhan.
48. Sebuah benda berbentuk bundar berisi udara, terbuat dari kulit, dapat ditendang atau dipukul oleh masayarakat bahasa disebut bola. Pernyataan tersebut menunjukkan bahasa sebagai sistem tanda yang berfungsi sebagai alat komunikasi verbal yang disepakati. Hal tersebut termasuk dalam aliran strukturalis.
49. Bentuk meja itu variatif, ada segi empat dan ada yang bundar. Ada yang berkaki enam, empat, dua, dan satu kaki. Meskipun bentuknya berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama dan disebut meja. Konsep tersebut menunjukan bahasa sebagai sistem petanda-penanda.
50. Dalam kelompok masyarakat suatu bahasa biasanya terdiri dari berbagai orang dengan status sosial, ekonomi, pendidikan, dan latar belakang budaya yang tidak sama. Karena perbedaan tersebut maka bahasa yang digunakan menjadi variasi. Variasi berbahasa yang bersifat kelompok masyarakat disebut dialek.

1 Komentar untuk "50 Soal Latihan UTN Bahasa Indonesia Seluruh Indonesia"

Mantap soal dan jawabannya. Makasi ya.

Back To Top