“Menulislah ... Dengan menulis kita bisa kaya hati, kaya wawasan, dan berlimpah cinta. Biarlah kuakarkan rinduku padamu melalui senandung goresan tinta.” ― Vitriya Mardiyati-
Diberdayakan oleh Blogger.

Our Facebook Page

Hutan Gergunung, Hutan Cantiknya Klaten

50 Soal Latihan UTN Bahasa Indonesia Seluruh Indonesia Bagian 2



50 Soal Latihan UTN Bahasa Indonesia Seluruh Indonesia Bagian 2
1. Seorang anak mulai menunjukkan niat komunikasinya dengan tersenyum, menoleh bila dipanggil, menggapai bila diberi sesuatu, dan memberikan sesuatu kepada orang lain. Tahapan pemerolehan bahasa pada anak yang tergambar dalam ilustrasi tersebut termasuk dalam bidang pragmatik.

2. Unsur bahasa itu terbatas, tetapi dengan unsur terbatas itu dapat dibuat satuan bahasa yang tidak terbatas walaupun bersifat relatif, sesuai dengan sistem yang berlaku dalam bahasa itu. Contoh dari huruf p, a, l, u dapat dibentuk kata palu, lupa, dan pula. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa bahasa bersifat produktif.
3. Perkembangan pengetahuan memengaruhi kemampuan berbahasa anak, misalnya kemampuan anak mengujarkan kalimat menggunakan kosakata yang dimilikinya. Semakin banyak pengetahuannya tentang kosakata dan kalimat, semakin meningkat pula kemampuan berbahasanya. Dengan alasan itu, seorang guru memberikan banyak pelatihan dan pengetahuan kebahasaan kepada murid-muridnya. Tindakan guru ini menunjukkan bahwa guru tersebut mengikuti teori pemerolehan bahasa pada aliran kognitivisme.
4. Anak-anak memiliki perbendaharaan kata yang semakin kaya. Mereka mulai mampu membuat kalimat seperti “Bapak pergi ke mana?”; “Bukan saya yang mengambil.” Dan berbagai kalimat lainnya. Kemapuan ini dicapai oleh anak-anak yang telah berusia 3-5 tahun.
5. Susunan kalimat “Apa khabar?” tidak bisa diubah menjadi “Kabar apa?”. Hal itu membuktikan bahwa bahasa itu sistem.
6. Seorang anak telah memahami bahwa kata pelajar dibentuk oleh imbuhan pe- dan kata ajar. Hal itu menunjukkan anak tersebut telah mendapatkan perkembangan pemerolehan bahasa pada tataran morfologi.
7. Dalam ragam lisan, bahasa dilambangkan dengan bunyi.
8. Kegiatan yang sebaiknya dilakukan guru dalam berkomunikasi secara empatik dan santun dengan peserta didik agar mau terlibat aktif dalam proses pembelajaran adalah memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri pada peserta didik.
9. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam melakukan evaluasi belajar peserta didik, kecuali dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek.
10. ....ini juga sengaja diciptakan untuk menjawab kekhawatiran penumpang. Nic Jhons mengatakan mulanya penciptaan aplikasi juga terinspirasi dari istrinya yang kerap merasa khawatir setiap kali melakukan penerbangan. Diksi yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang adalah aplikasi.
11. Waktu terus berlalu, semakin lama harimau menjadi sombong dan takabur. Penggalan dongeng tersebut bagian dari konflik.
12. Dalam kelas terdapat beragam karakter siswa. Oleh sebab itu, dalam menyusun rancangan pembelajaran guru harus memerhatikan prinsip perancangan pembelajaran dari yang sederhana ke yang kompleks.
13. Pernyataan yang benar terkait pemerolehan bahasa dan pembelajaran bahasa adalah pembelajaran bahasa diperoleh setelah pemerolehan bahasa.
14. Yang bukan materi pembelajaran bahasa Indonesia adalah morf.
15. Berikut ini disajikan fonem yang telah dikuasai oleh pembelajar g/ ng/ j/ c/ i/ b/ l/ p/ a. Manakah pemerolehan bahasa yang paling akhir didapat /ng/.
16. Asosiasi guru dapat saling berbagi informasi seperti rancangan pembelajaran, video, gambar, dll dengan menggunakan jaringan berbasis internet, kecuali exelearning.
17. Di Indonesia orang menyebut ‘air’ untuk menunjukkan pada sebuah benda yang bersifat cair, bisa direbut. Namun di Inggris orang menyebut water. Hal ini membuktikan bahwa bahasa itu arbitrer.
18. (Gambar Buku). Orang Indonesia menyebutnya buku, padahal tidak ada penalaran antara kata buku dan rupa benda tersebut. Peristiwa tersebut menunjukkan bahwa bahasa itu arbitrer dan konvensional.
19. Di Makassar, Minggu 20 Maret 2016, Mila (17) dilaporkan membunuh buah hatinya karena bayinya yang berusia 13 bulan menangis terus. ....
Tanggapan yang paling tepat adalah anak berusia 13 bulan itu baru belajar mengucapkan satu kata dan belum mampu berkata-kata sehingga menangis adalah cara dia untuk menyampaikan pesan. Seorang ibu harusnya memahami.
20. Saat itu pukul 5 pagi. Bu Ambar dikejutkan oleh ulah anaknya yang tiba-tiba mendorong tubuhnya. Ternyata anaknya bekata “miiiiik..” Komentar yang tepat adalah berdasarkan cara komunikasinya, tampak bahwa anak bu Ambar berusia 12-24 bulan. Kemampuan berbahasanya masih fase one word utterance/ ujaran satu kata.
21. “Adik sudah makan?’ Tanya mama ke buah hatinya. “Dah...” jawab anaknya.
Terkait teori pemerolehan bahasa maka peristiwa tersebut dapat disimpulkan anak mama Reza ada pada fase ujaran satu kata, anak sudah mulai belajar menggunakan satu kata yang memiliki arti yang mewakili keseluruhan idenya.
22. Siang itu cuaca sangat terik. Di rumah tak ada AC. Dedek berkata pada ibunya “Num ... num” Peristiwa tersebut dikategorikan pemerolehan bahasa pada tataran sintaksis.
23. KD: Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek, cerita prosedur, biografi, fabel, eksplanasi kompleks, dan review film/ drama baik secara lisan maupun tulisan. Materi yang relevan adalah alur cerita cerpen Robohnya Suray Kami.
24. KD: menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman/ teks yang dibacakan).
Tahapan pembelajaran yang diekmbangkan oleh guru adalah
1.      Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai KD, tujuan, dan manfaat pembelajaran.
2.      Siswa membaca informasi dalam sebuah teks
3.      Siswa merespon pertanyaan guru mengenai isi informasi yang dibaca.
Ilustrasi tahapan yang tidak tepat no 2 dan 3.
25. Contoh dalam sintaksis struktural, dikenal fase verbal modifikatif dengan pewatas depan, yaitu pada kalimat mereka pasti menyukai makanannya.
26. Selama masa perkembangan sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia telah mengalami banyak perbedaan dengan bahasa Melayu. Selain pengaruh dari bahasa lain, penyebabnya adalah kreativitas pemakainya.
27. Afi membaca buku sosiologi sastra. Hasil analisis kalimat yang menjadi unsur langsung berupa frasa adalah buku sosiologi sastra.
28. Setiap anak lahir dengan seperangkat prosedur dan aturan bahasa. Walaupun anak tidak dirangsang untuk mendapatkan bahasa anak akan mampu menerima apa yang terjadi di sekitarnya. Hal tersebut merupakan salah satu faktor pemerolehan bahasa yaitu faktor alamiah.
29. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan saintifik, kegiatan mengomunikasikan dapat tercermin pada aktivitas siswa, kecuali diinformasikan hasil karya siswa secara lisan oleh guru kepada wali siswa saat pembagian rapor.
30. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan. Pemenggalan bahasa tersebut termasuk dalam ragam bahasa beku.
31. Seorang guru dituntut memiliki kecakapan menyusun instrumen evaluasi proses dan hasil belajar. Salah satu prinsipnya adalah memberikan evaluasi kepada siswa, baik evaluasi individu maupun evaluasi kelompok.
32. Tahun 1984, FAO sebagai badan organisasi PBB menangani pangan sedunia, mengundang presiden Indonesia, Soeharto, untuk berpidato menyampaikan pengalaman dalam mewujudkan swasembada pangan. Pada waktu itu presiden berpidato dengan menggunakan bahasa Indonesia. Kedudukan bahasa indonesia sebagai bahasa negara.
33. Contoh amanat dari penggalan hikayat admenalah seorang pemimpin harus mendengarkan saran anak buahnya.
34. Aliran struktural lahir pada abad XX yaitu pada tahun 1916. Aliran ini bersamaan dengan lahirnya buku ‘course de lunguistique generale’. Ferdinan de saussure merupakan ahli linguistik aliran struktural. Ciri-ciri aliran struktural adalah berlandaskan pada faham behaviorisme.
35. Saussure mengembangkan pikiran ke dalam 6 dikotomi bahasa. Yaitu a. Sinkronik dan diakronik, b. Bentuk dan substansi, c. Signifiant-signifie, d. langue dan parole, e. Sintaqmatik dan paradikmatik. Signifiant merupakan bunyi ujaran.
36. Linguistik deskriptif artinya mendeskripsikan bahasa secara apa adanya. Berdasarkan hal tersebut terdapat keunggulan pada aliran deskripsi, yaitu memiliki cara kerja yang sangat menekankan pentingnya data obyektif untuk memerikan suatu bahasa.
37. Kajian linguistik deskriptif yang paling penting menurut John Ruperth adalah konteks. Kajian bahasa memiliki 5 tingkatan, yaitu fonetik, leksikon, morfologi, sintaksis, semantik.
38. Aliran linguistik fungsional berusaha menjelaskan tentang wujud bahasa sebagai sistem komuniksi manusia. Maksudnya adalah sistem komunikasi tidak terpisah dari tujuan berbahasa.
39. Pelopor aliran fungsional adalah Roman Jakobson dan Andre Martinet.
40. Salah satu fungsi bahasa adalah untuk mengungkapkan perasaan sedih. Pernyataan tersebut merupakan fungsi emotif.
41. Ani menulis surat. Ira membaca buku. Lia menyimak radio. Kajian bahasa yang menelaah kata menulis, membaca, dan menyimak adalah kajian struktural.
42. Baju. Kata baju dapat dianalisis menjadi unit yang lebih kecil, yaitu huruf. Kata tersebut terdiri dari 4 huruf b/ a/ j/ u. Jika urutan diubah maka makna akan berbeda. Kajian unit bahasa tersebut merupakan aliran struktural.
43. Afy membaca buku sosiologi sastra. Hasil analisis kalimat yang menjadi unsur langsung berupa frasa adalah buku sosiologi sastra.
44. Hubungan antara bunyi t/ j/ d. merupakan pengembangan pada aliran struktural.
45. Bu Ita guru bahasa Indonesia. Siswa sedang mengerjakan latihan di kelas. Kalimat kedua bisa diuraikan menjadi sedang mengerjakan dan di kelas. Merupakan contoh aliran linguistik.
46. Pak Dadang guru bahasa Indonesia di SMP akan mengajarkan materi morfem, misalnya kata pembelajaran. Kata tersebut dapat dianalisis unsur langsung di bawahnya yaitu belajar.
47. Pagi ini Pak Tana membagikan rapor untuk kenaikan kelas.
Pada kata kenaikan kelas terdiri atas morfem bebas naik dan morfem terikan ke-an.
Kajian tersebut contoh aliran struktural.
48. Ani mengendarai sepeda.
Kalimat tersebut terdiri dari 3 kata dan merupakan contoh aliran struktural.
49. Pak Toni sedang memasak nasi goreng.
Kalimat yang memiliki pola sama (SPO) adalah Ibu Lala sedang mencuci baju baru.
50. Salah satu keunggulan aliran ini adalah sudah mengelompokkan katagori gramatikal, verbal dan pronomina kata ganti. Merupakan aliran deskriptif.
0 Komentar untuk "50 Soal Latihan UTN Bahasa Indonesia Seluruh Indonesia Bagian 2"

Back To Top