Soal
Latihan UTN Bahasa Indonesia Seluruh Indonesia Bagian 3
1. Percakapan antara guru dan siswa
merupakan contoh kajian linguistik deskriptif
2. Konsep utama dalam fungsionalisme ialah
fungsi dalam bahasa. Penggunaan fonem /d/ pada kata dasar /dasar/ dan /k/ pada
/kasar/ tidak mempunyai makna. Karena diposisikan bersama sebagai pasangan
menimal, penggunaan fonem /d/ dan /k/ menjadi memiliki fungsi pembeda makna.
Analisis kajian linguistik tersebut masuk
aspek fonologi.
3. Dari aspek morfologi dapat dilihat
contoh penggunaan awalan me- dan pe-. Awalan me- tulis dan pe-tulis memiliki
fungsi pembeda. Penggunaan morfem seperti itu merupakan fungsi dari fungsional.
4. Siswa yang dinyatakan telah mencapai
ketuntasan belajar untuk KD tertentu apabila telah mencapai ketuntasan belajar
minimal yang ditetapkan berdasarkan seluruh indikator pada KD tersebut.
5. Dilihat dari KKM kelas, maka siswa yang
tuntas nilainya harus dirata-rata.
6. Penetapan KKM mata pelajaran dengan
mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan
intake peserta didik. Suatu indikator dikatakan memiliki tingkat kompleksitas
tinggi apabila dalam pencapaiannya didukung oleh suatu kondisi yaitu guru
menguasai pengetahuan dan kemampuan yang memadai sesuai bidang yang diajarkan.
7. Pak Dani mengajar di SMP. Setelah
mengadakan evaluasi tentang memproduksi karangan eksposisi ternyata hasilnya
tidak sesuai harapan. Dari 30 siswa, 10 siswa mendapatkan nilai 75, 20 siswa
mendapat nilai 60, sedangkan KKM adalah 65. Kegiatan remidial yang dilakukan
adalah menjelaskan kembali materi tersebut lalu siswa yang belum tuntas dites
lagi.
8. Program remidial pada hakikatnya adalah
pemberian bantuan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan atau kelambatan
belajar. Langkah yang perlu dikerjkan dalam pemberian pembelajaran remidial
meliputi dua langkah pokok, yaitu mendiagnosis kesulitan belajar dan memberikan
perlakuan pembelajaran remidial.
9. Evaluasi tentang memahami teks anekdot
ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan 15 tuntas, 15 lagi
program remidial, maka kegiatan guru adalah mengadakan pendalaman materi
terkait dengan KD tersebut.
10. Pada semester 1 diperoleh data bahwa
dari 32 siswa, 29 orang dinyatakan tuntas KKM 70. Sedangkan 3 lagi tidak
tuntas. Siswa yang tuntas mengikuti pengayaan. Yang tidak tuntas mengikuti
remidial. Ternyata 3 siswa tersebut tetap gagal. Setelah diadakan pengolahan
nilai dari berbagai jenis penilaian, ternyata mereka tidak memenuhi KKM.
Selanjutnya guru melakukan komunikasi dengan pemangku kepentingan dengan cara
memanggil orang tua siswa dan berdiskusi untuk mengatasi kegagalan belajar
siswa tersebut.
11. KKM SMP adalah 65. Setelah dilakukan
pengolahan nilai hasil belajar terhadap 30 siswa, diperoleh data 18 orang
tuntas dan sisanya tidak tuntas. Maka guru dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran dengan cara menerapkan model pembelajaran yang aktif, inovatif,
dan menyenangkan.
12. Di SMP KKM bahasa Indonesia 70. Hasil
tes akhir semester 2 menunjukkan ada 7 yang tidak tuntas dari 30 siswa. Setelah
diteliti salah satu penyebabnya banyak siswa tidak tuntas adalah keslaahan
penyusunan soal. Maka guru perlu melakukan refleksi untuk mengembangkan
instrumen penilaian dengan cara menyusun instrumen soal berdasarkan indikator
yang belum tercapai.
13. Penggunaan bahasa Indonesia yang
berdampingan di negara lain, seperti Amerika dan Inggris dan digunakan di papan
nama lembaga pemerintahan, petunjuk umum, dll. Merupakan cerminan fungsi bahasa
sebagai lambang kebanggaan kebangsaan.
14. Banyak warga Indonesia yang tinggal di
negara lain. Mereka memilih jauh karena pekerjaan/ pendidikan. Untuk mengobati
kerinduan pada tanah air, mereka memprakarsai acara bernuansa Indonesia dan
secara leluasa menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini merupakan hubungan
perwujudan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan.
15. Bahasa Indonesia dipakai untuk
mengungkapkan perasaan melalui seni, seperti syair, puisi, prosa, dll.
Fungsi bahasa seperti itu merupakan fungsi
bahasa Indonesia untuk mewujudkan seni (sastra)
16. Sebagian besar wilayah Indonesia,
diperkirakan dua per tiga yang ada, merupakan perairan. Hal ini mengisyaratkan
bahwa kekayaan alam yang terkandung di perairan kita harus dimanfaatkan
semaksimal mungkin demi kesejahteraan rakyat Indonesia.
Maksud kata hal ini adlah menggantikan
kalimat pertama.
17. Buah lokal. Sinonim kata lokal adalah
setempat.
18. Para sastawan sedang membedah novel yang ditulis seorang
novelis ternama.
19. Pembakar hutan menjadi kambing hitam dalam masalah kabut asp
yang mengganggu penerbangan di Indonesia.
20. Aplikasi ini juga sengaja diciptakan
untuk menjawab kekhawatiran penumpang.
Makna kata aplikasi adalah program
pengoperasian.
21. Ikrar ketiga dalam sumpah pemuda
menegaskan tentang tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan
Indonesia.
22. Alasan yang mendorong dijadikannya
bahasa Melayu sebagai cikal bakal bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu
mempunyai sistem yang sederhana sehingga relatif mudah dipelajari.
23. Ada beberapa faktor yang memengaruhi
seseorang membaca, contoh siswa remaja lebih tertarik dengan bahan bacaan yang
dilengkapi dengan skema, lebih tertarik dengan pengarang yang sudah mempunyai
nama, atau pengarang yang sudah dikenalnya. Hal ini berarti membaca dipengaruhi
bahan bacaan.
24. Salah satu tujuan membaca adalah untuk
memperoleh kesenangan/ hiburan. Jika pembaca bermaksud untuk mendapatkan tujuan
tersebut, maka bahan bacaan yang dipilih bukan buku ilmiah.
25. Selama masa perkembangannya sebagai
bahasa nasional, bahasa Indonesia telah mengalami banyak perbedaan dengan bahasa
Melayu. Selain dari pengaruh bahasa lain, penyebab lainnya adalah kreativitas
pemakainya.
26. Paragfar yang tidak sesuai adalah
demikian agar intruksi ini dilaksankan dengan penuh tanggungjawab.
27. Oak danu seorang guru. Ia sering
menulis artikel pendidikan lokal maupun nasional. Inti dari kegiatan menulis
adalah menyampaikan sesuatu secara tertulis.
28. Usaha terencana dan sistematis tentang
peningkatan mutu pemakain bahasa, peningkatan kegairahan dan kebanggaan
menggunakan dinamakan pembinaan bahasa.
29. Yang buakn karakteristik keterampilan
menulis adalah keterampilan menulis merupakan bakat yang dibawa sejak lahir.
30. Perkembangan ilmu pengetahuan dan
aspek-aspek lainnya senantiasa terjadi. Kurikulum berperan dalam mengadopsi
perkembangan itu. Pernyataan tersebut terkait dengan pernana kurikulum
konservatif.
31. KD: menyimpulkan isi teks prosedur
tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat
cinderamata/ kuliner} yang dibaca dan didengar.
Rumusan tujuan pembelajarannya adalah
setelah proses belajar mengajar, siswa dapat menyimpulkan isi teks prosedur
tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat
cinderamata/ kuliner) yang dibaca/ didengar.
Soal
Latihan UTN Bahasa Indonesia Seluruh Indonesia Bagian 3
1. Percakapan antara guru dan siswa
merupakan contoh kajian linguistik deskriptif
2. Konsep utama dalam fungsionalisme ialah
fungsi dalam bahasa. Penggunaan fonem /d/ pada kata dasar /dasar/ dan /k/ pada
/kasar/ tidak mempunyai makna. Karena diposisikan bersama sebagai pasangan
menimal, penggunaan fonem /d/ dan /k/ menjadi memiliki fungsi pembeda makna.
Analisis kajian linguistik tersebut masuk
aspek fonologi.
3. Dari aspek morfologi dapat dilihat
contoh penggunaan awalan me- dan pe-. Awalan me- tulis dan pe-tulis memiliki
fungsi pembeda. Penggunaan morfem seperti itu merupakan fungsi dari fungsional.
4. Siswa yang dinyatakan telah mencapai
ketuntasan belajar untuk KD tertentu apabila telah mencapai ketuntasan belajar
minimal yang ditetapkan berdasarkan seluruh indikator pada KD tersebut.
5. Dilihat dari KKM kelas, maka siswa yang
tuntas nilainya harus dirata-rata.
6. Penetapan KKM mata pelajaran dengan
mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan
intake peserta didik. Suatu indikator dikatakan memiliki tingkat kompleksitas
tinggi apabila dalam pencapaiannya didukung oleh suatu kondisi yaitu guru
menguasai pengetahuan dan kemampuan yang memadai sesuai bidang yang diajarkan.
7. Pak Dani mengajar di SMP. Setelah
mengadakan evaluasi tentang memproduksi karangan eksposisi ternyata hasilnya
tidak sesuai harapan. Dari 30 siswa, 10 siswa mendapatkan nilai 75, 20 siswa
mendapat nilai 60, sedangkan KKM adalah 65. Kegiatan remidial yang dilakukan
adalah menjelaskan kembali materi tersebut lalu siswa yang belum tuntas dites
lagi.
8. Program remidial pada hakikatnya adalah
pemberian bantuan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan atau kelambatan
belajar. Langkah yang perlu dikerjkan dalam pemberian pembelajaran remidial
meliputi dua langkah pokok, yaitu mendiagnosis kesulitan belajar dan memberikan
perlakuan pembelajaran remidial.
9. Evaluasi tentang memahami teks anekdot
ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan 15 tuntas, 15 lagi
program remidial, maka kegiatan guru adalah mengadakan pendalaman materi
terkait dengan KD tersebut.
10. Pada semester 1 diperoleh data bahwa
dari 32 siswa, 29 orang dinyatakan tuntas KKM 70. Sedangkan 3 lagi tidak
tuntas. Siswa yang tuntas mengikuti pengayaan. Yang tidak tuntas mengikuti
remidial. Ternyata 3 siswa tersebut tetap gagal. Setelah diadakan pengolahan
nilai dari berbagai jenis penilaian, ternyata mereka tidak memenuhi KKM.
Selanjutnya guru melakukan komunikasi dengan pemangku kepentingan dengan cara
memanggil orang tua siswa dan berdiskusi untuk mengatasi kegagalan belajar
siswa tersebut.
11. KKM SMP adalah 65. Setelah dilakukan
pengolahan nilai hasil belajar terhadap 30 siswa, diperoleh data 18 orang
tuntas dan sisanya tidak tuntas. Maka guru dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran dengan cara menerapkan model pembelajaran yang aktif, inovatif,
dan menyenangkan.
12. Di SMP KKM bahasa Indonesia 70. Hasil
tes akhir semester 2 menunjukkan ada 7 yang tidak tuntas dari 30 siswa. Setelah
diteliti salah satu penyebabnya banyak siswa tidak tuntas adalah keslaahan
penyusunan soal. Maka guru perlu melakukan refleksi untuk mengembangkan
instrumen penilaian dengan cara menyusun instrumen soal berdasarkan indikator
yang belum tercapai.
13. Penggunaan bahasa Indonesia yang
berdampingan di negara lain, seperti Amerika dan Inggris dan digunakan di papan
nama lembaga pemerintahan, petunjuk umum, dll. Merupakan cerminan fungsi bahasa
sebagai lambang kebanggaan kebangsaan.
14. Banyak warga Indonesia yang tinggal di
negara lain. Mereka memilih jauh karena pekerjaan/ pendidikan. Untuk mengobati
kerinduan pada tanah air, mereka memprakarsai acara bernuansa Indonesia dan
secara leluasa menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini merupakan hubungan
perwujudan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan.
15. Bahasa Indonesia dipakai untuk
mengungkapkan perasaan melalui seni, seperti syair, puisi, prosa, dll.
Fungsi bahasa seperti itu merupakan fungsi
bahasa Indonesia untuk mewujudkan seni (sastra)
16. Sebagian besar wilayah Indonesia,
diperkirakan dua per tiga yang ada, merupakan perairan. Hal ini mengisyaratkan
bahwa kekayaan alam yang terkandung di perairan kita harus dimanfaatkan
semaksimal mungkin demi kesejahteraan rakyat Indonesia.
Maksud kata hal ini adlah menggantikan
kalimat pertama.
17. Buah lokal. Sinonim kata lokal adalah
setempat.
18. Para sastawan sedang membedah novel yang ditulis seorang
novelis ternama.
19. Pembakar hutan menjadi kambing hitam dalam masalah kabut asp
yang mengganggu penerbangan di Indonesia.
20. Aplikasi ini juga sengaja diciptakan
untuk menjawab kekhawatiran penumpang.
Makna kata aplikasi adalah program
pengoperasian.
21. Ikrar ketiga dalam sumpah pemuda
menegaskan tentang tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan
Indonesia.
22. Alasan yang mendorong dijadikannya
bahasa Melayu sebagai cikal bakal bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu
mempunyai sistem yang sederhana sehingga relatif mudah dipelajari.
23. Ada beberapa faktor yang memengaruhi
seseorang membaca, contoh siswa remaja lebih tertarik dengan bahan bacaan yang
dilengkapi dengan skema, lebih tertarik dengan pengarang yang sudah mempunyai
nama, atau pengarang yang sudah dikenalnya. Hal ini berarti membaca dipengaruhi
bahan bacaan.
24. Salah satu tujuan membaca adalah untuk
memperoleh kesenangan/ hiburan. Jika pembaca bermaksud untuk mendapatkan tujuan
tersebut, maka bahan bacaan yang dipilih bukan buku ilmiah.
25. Selama masa perkembangannya sebagai
bahasa nasional, bahasa Indonesia telah mengalami banyak perbedaan dengan bahasa
Melayu. Selain dari pengaruh bahasa lain, penyebab lainnya adalah kreativitas
pemakainya.
26. Paragfar yang tidak sesuai adalah
demikian agar intruksi ini dilaksankan dengan penuh tanggungjawab.
27. Oak danu seorang guru. Ia sering
menulis artikel pendidikan lokal maupun nasional. Inti dari kegiatan menulis
adalah menyampaikan sesuatu secara tertulis.
28. Usaha terencana dan sistematis tentang
peningkatan mutu pemakain bahasa, peningkatan kegairahan dan kebanggaan
menggunakan dinamakan pembinaan bahasa.
29. Yang buakn karakteristik keterampilan
menulis adalah keterampilan menulis merupakan bakat yang dibawa sejak lahir.
30. Perkembangan ilmu pengetahuan dan
aspek-aspek lainnya senantiasa terjadi. Kurikulum berperan dalam mengadopsi
perkembangan itu. Pernyataan tersebut terkait dengan pernana kurikulum
konservatif.
31. KD: menyimpulkan isi teks prosedur
tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat
cinderamata/ kuliner} yang dibaca dan didengar.
Rumusan tujuan pembelajarannya adalah
setelah proses belajar mengajar, siswa dapat menyimpulkan isi teks prosedur
tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat
cinderamata/ kuliner) yang dibaca/ didengar.
0 Komentar untuk "Soal Latihan UTN Bahasa Indonesia Seluruh Indonesia Bagian 3"